Perayaan Khatam Al-Quran khas Minangkabau

Selain SD 6 tahun di kampuang kami tepatnya di kabupaten Agam,Sumatra Barat ada TPA /MDA yang fungsinya untuk menimba ilmu AL-Quran. Menimba ilmu Al-quran disajikan beragam ada 4 tahun, 3tahun dan 1 tahun ada kelas dan ada mata pelajarannya dengan waktu pulang sekolah kira-kira jam 2 sampai dengan 5 sore tapi nggak tau sekarang. Pembelajaran atau sabjeknya nya juga banyak yaitu baca Al-quran di tambah dengan tajwit, arab melayu, bahasa arab dasar, fikih, tharik, aqidah akhlak, imlak,khath, praktek shalat berjama'ah dan irama.Selain itu ada ujian setiap cawu /semester dan ujian akhirnya juga. Seperti yang disebut dalam kata-kata bijak yang tercamtum dan sebagai pegangan hidup masyarakat Minang "ADAT BASANDI SYARAK , SYARAK BASANDI KITABULAH" adat yang berdasarkan syariat agama islam , dan syariat ini berdasarkan AL-Quraan dan Hadis jadi tidak heran banyak kegiaatan agama Islam di Sumatra Barat .

Tabuik, Perhelatan Akbar Masyarakat Pariaman

Festival Tabuik merupakan salah satu tradisi tahunan di dalam masyarakat Pariaman. Festival ini telah berlangsung sejak puluhan tahun lalu dan diperkirakan telah ada sejak abad ke-19 masehi. Perhelatan tabuik merupakan bagian dari peringatan hari wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW, yaitu Hussein bin Ali yang jatuh pada tanggal 10 Muharram. Sejarah mencatat, Hussein beserta keluarganya wafat dalam perang di padang Karbala.

Tabuik sendiri diambil dari bahasa arab 'tabut' yang bermakna peti kayu. Nama tersebut mengacu pada legenda tentang kemunculan makhluk berwujud kuda bersayap dan berkepala manusia yang disebut buraq. Legenda tersebut mengisahkan bahwa setelah wafatnya sang cucu Nabi, kotak kayu berisi potongan jenazah Hussein diterbangkan ke langit oleh buraq. Berdasarkan legenda inilah, setiap tahun masyarakat Pariaman membuat tiruan dari buraq yang sedang mengusung tabut di punggungnya.

Minangkabausiana

Support

Hubungi Kami

Perpustakaan dan Kearsipan

Provinsi Sumatera Barat

Jl.Diponegoro No.4 Padang

Sumatera Barat, Indonesia

P: (0751) 21607 Fax. 0751-35646

JoomShaper