Galamai Kuliner Khas Minang

Galamai adalah salah satu Kuliner khas minang, yang genre-nya adalah makanan ringan. Didaerah lain makanan ini sejenis dengan dodol atau jenang dikarenakan proses memasaknya yang hampir sama. Galamai banyak diproduksi didaerah Payakumbuh sehingga kuliner khas minang ini menjadi idientik dengan daerah Payakumbuh yang berada tidak terlalu jauh dari kota Padang, sekitar 120 km dan memerlukan waktu kurang lebih 3 jam untuk sampai ke daerah tersebut.

Petani Minangkabau Kembali Ke Alam Melalui Pertanian Organik

Petani di Minangkabau Sumatera Barat meninggalkan pestisida dan pupuk kimia dan menggunakan pupuk organik untuk kembali ke pertanian ramah lingkungan atau organik. Penggagasnya diganjar Kalpataru

MASRIZAL, 60 tahun, petani Minang asal Jorong Batang Laweh, Solok Selatan, Sumatera Barat, masih ingat jelas kejadian di awal 1980-an. Saat itu, ia biasa melihat ada pesawat kecil yang menyemprot sawahnya dengan endrin untuk membasmi hama tungro (virus yang ditularkan wereng hijau) yang memakan padi di kampungnya. Penyemprotan hama juga dilakukan para penyuluh lapangan.

Sejarah Rendang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rendang atau randang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan.

Minangkabausiana

Support

Hubungi Kami

Perpustakaan dan Kearsipan

Provinsi Sumatera Barat

Jl.Diponegoro No.4 Padang

Sumatera Barat, Indonesia

P: (0751) 21607 Fax. 0751-35646

JoomShaper