Galamai Kuliner Khas Minang

 Galamai adalah salah satu Kuliner khas minang, yang genre-nya adalah makanan ringan. Didaerah lain makanan ini sejenis dengan dodol atau jenang dikarenakan proses memasaknya yang hampir sama. Galamai banyak diproduksi didaerah Payakumbuh sehingga kuliner khas minang ini menjadi idientik dengan daerah Payakumbuh yang berada tidak terlalu jauh dari kota Padang, sekitar 120 km dan memerlukan waktu kurang lebih 3 jam untuk sampai ke daerah tersebut.

Bahan dasar dari pembuatan Galamai adalah tepung beras ketan, santan, gula aren atau gula tebu. Tepung beras ketan dimasak bersama santan kelapa dan gula tebu atau gula aren dengan menggunakan sebuah kuali yang sangat besar.

Cara pembuatannya memang tidak terlalu rumit, tapi juga membutuhkan tenaga yang cukup banyak. Memasak Galamai bisa menghabiskan waktu seharian, sebab untuk membuat adonan yang pas dan ideal banyak hal yang harus diperhatikan, seperti komposisi bahan, dan panas/besar api, untuk itu diperlukan pengalaman dan keuletan dari pemasak.

Adonan tersebut harus diaduk terus supaya tingkat kekentalannya merata, bagi yang tidak sabar dan lengah dalam mengaduk, bisa-bisa Galamai yang dihasilkan tidak legit. Untuk itu perlu kesabaran dalam proses pembuatannya. Untuk menyiasatinya, baisanya pengerjaannya bisa dilakukan oleh 2-3 orang, atau lebih banyak orang untuk pembuatan dalam jumlah yang besar.

Awalnya Galamai hanya dibuat untuk acara-acara perayaan seperti pernikahan, turun mandi, hari raya dan upacara-upacara adat lainnya. Namun sekarang, Galamai banyak diproduksi untuk dijual sehingga bisa ditemui di toko-toko kuliner dan oleh-oleh yang ada di Sumatera Barat terutama daerah Payakumbuh dan kota-kota besar lainnya seperti Padang, Bukittinggi, Solok, Batusangkar dan Padang Panjang, selain itu beberapa penggiat kuliner khas minang juga telah memproduksi dan mengirim kebeberapa daerah diluar Sumatera Barat.

Minangkabausiana

Support

Hubungi Kami

Perpustakaan dan Kearsipan

Provinsi Sumatera Barat

Jl.Diponegoro No.4 Padang

Sumatera Barat, Indonesia

P: (0751) 21607 Fax. 0751-35646

JoomShaper