Pemkot Padang Akan Kembangkan Wisata Pukek

Pemerintah Kota (Pemkot) Padang akan mengembangkan wisata pukek sebagai salah satu destinasi liburan laut. Pemkot Padang, ingin mengeksplorasi keindahan sepanjang Samudra Hindia melalui wisata pukek.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Nasir Ahmad menganggap, wisata pukek merupakan destinasi liburan yang unik. Sehingga diharapkan, wisata pukek dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kota Padang.


"Pemerintah Kota Padang akan merancang wisata ini," kata dia di Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar).

Nasir menuturkan, pengembangan wisata pukek akan dimulai setelah Pantai Padang benar-benar steril dari pedagang. Sehingga, wisatawan lebih leluasa menikmati keindahan Pantai Padang.

Pukek atau yang lebih dikenal dengan pukat, merupakan jaring atau jala besar untuk menangkap ikan. Dikatakannya, Pemkot Padang akan menggandeng sejumlah nelayan yang mempunyai pukek untuk mendukung operasional destinasi wisata ini.

Nanti, Nasir melanjutkan, pukat akan disewakan kepada wisatawan yang ingin mencoba menjala. Pemilik puket, ia melanjutkan, akan membawa puket ke tengah laut untuk dilepas. Kemudian, wisatawan tinggal membentuk tim atau grup untuk menarik pukat tersebut dari bibir pantai.

Dikatakannya, Pemkot Padang akan memfasilitasi aturan main penyewaan pukat tersebut. Menurutnya, tarif yang dikenakan kepada satu grup atau tim, sangat wajar. Ia meyakini, wisata pukek akan menguntungkan para nelayan.

Nasir optimistis, wisata pukek dapat menarik pengunjung untuk datang ke Pantai Padang. "Selama ini masyarakat hanya bisa melihat nelayan mamukek (menjala), tanpa bisa merasakan bagaimana rasanya. Kini dengan adanya wisata pukek, pengunjung dapat menikmati dan merasakan langsung," tuturnya menjelaskan.

Minangkabausiana

Support

Hubungi Kami

Perpustakaan dan Kearsipan

Provinsi Sumatera Barat

Jl.Diponegoro No.4 Padang

Sumatera Barat, Indonesia

P: (0751) 21607 Fax. 0751-35646

JoomShaper